Apa Yang Terjadi Saat Kita Tertidur ? Temukan Jawabannya Disini




Sebagai salah satu rutinitas dalam keseharian kita, tidur memanglah jadi hal yang umum kita lakukan. Saat malam hari, rasa kantuk yang dihasilkan hormon melatonin jadi pemberi tanda bahwa badan perlu istirahat dengan tidur. Anda pergi ke tempat tidur, merebahkan diri serta tanpa ada sadar Anda sudah tertidur. Esok harinya, ketika terbangun Anda mungkin saja tak ingat berapakah lama persisnya Anda sudah terlelap. Anda mungkin saja masih tetap teringat dengan mimpi indah semalam. Sempatkah Anda bertanya-tanya, apa yang sesungguhnya berlangsung ketika kita tidur?

Tidur Tenang atau Non-REM

Sepanjang siklus tidur kita bakal alami 2 jenis situasi tidur yakni situasi tidur tenang serta situasi tidur aktif. Tidur tenang kerap di kenal dengan arti tidur NREM atau Non-REM (No Rapid Eye Movement atau Tak Ada Gerakan Mata yang Cepat).

Waktu tidur tenang atau NREM atau Non-REM, badan seorang bakal alami aktivitas yang tenang. Denyut nadi, pernapasan serta desakan darah badan bakal bergerak lebih tenang serta teratur. Ini yaitu sistem dimana badan memulihkan badan. Otot-otot, kelenjar badan serta susunan badan diperbaiki. Beberapa zat yg tidak bermanfaat bakal dibuang dari badan. Ketika tidur tenang juga berlangsung penggabungan protein-protein yang bakal dipakai ketika tidur aktif.

Pada situasi tidur tenang atau NREM atau Non-REM, seorang bakal alami 4 step. Di bawah ini bagian yang berlangsung saat Anda mulai tertidur.

Tidur Ringan

Waktu pertama kali seorang mulai tertidur, Anda masuk step pertama dimana Anda alami tidur enteng atau tidur dangkal, dimana otot badan bakal mengendur serta gelombang otak bakal bergerak tak teratur. Pada step ini umumnya diawali saat Anda mengantuk serta tertidur. Step pertama berjalan sepanjang 30 detik hingga 7 menit pertama tidur Anda.

Tidur Sebenarnya


Setelah itu, Anda bakal masuk step ke-2 yakni tidur sesungguhnya, dimana gelombang otak jadi membesar, pecahan-pecahan pikiran serta gambar-gambar mungkin saja bermunculan serta bergerak di pikiran kita namun kita tak menyadarinya, bahkan juga Anda telah tak sadar dengan situasi di sekitar Anda. Step ke-2 berjalan sepanjang 20 % dari semua saat tidur Anda.

Tidur Lebih Pulas

Step ketiga tidur Anda makin lelap. Pada step ini, badan Anda mulai susah dibangunkan lantaran telah terlelap.

Tidur TerpulasStep ke empat adalah step tidur paling nyenyak. Pada step ini, otak menghasilkan gelombang besar, beberapa besar darah dialirkan ke otot, berlangsung pemulihan serta perbaikan manfaat badan. Hormon perkembangan dihasilkan serta berlangsung sistem perkembangan berjalan pada step ini. Step ketiga serta ke empat berjalan sepanjang 50 % dari semua saat tidur kita.

Bila waktu tertidur, kita tak dapat masuk step ketiga serta ke empat, jadi besar kemungkinan waktu terbangun kita bakal terasa letih bahkan juga dapat depresi.

Usai masuk step ke empat, Anda bakal alami step pertama kembali, masuk step ke-2 dan sebagainya. Siklus ini bakal berulang sekian kali. Biasanya pengulangan siklus ini berjalan sepanjang 3 hingga 5 kali. Lamanya 1 kali siklus memerlukan saat seputar 90 hingga 110 menit.


Tidur Aktif atau REM

Tiap-tiap siklus tidur tenang atau NREM bakal disudahi dengan tidur aktif atau REM (Rapid Eye Movement atau Gerakan Mata Cepat). Kebalikan dari tidur tenang, denyut nadi, pernapasan, desakan darah serta kesibukan yang lain berjalan dengan lebih aktif, cepat serta tak teratur. Darah dialirkan ke otak serta gelombang otak. Anda bisa lihat seorang alami periode waktu saat lihat benjolan mata bergerak ke kiri serta ke kanan lantaran memanglah pada tidur REM, mata bergerak cepat ke kiri serta ke kanan.

Ketika tidur aktif atau REM inilah seorang alami mimpi yang beberapa besar akan tidak diingat ketika bangun dari tidur. Anda juga alami imobilitas yakni tidak bisa menggerakkan otot-otot Anda. Hal semacam ini yang bermanfaat agar Anda tak bergerak sesuai sama mimpi Anda hingga membahayakan Anda. Umumnya seorang alami mimpi kurang lebih tiap-tiap 90 menit sekali dalam suatu siklus tidur.

Periode tidur aktif berjalan sepanjang 25 % dari keseluruhnya periode tidur kita. Ketika tidur aktif atau REM, badan memulihkan beberapa fungsi spesifik dari otak serta melakukan perbaikan mental. Pada sekarang ini pikiran bakal pilih, memproses, mengorganisasi, meniadakan beberapa hal yg tidak utama serta menaruh info yang dihadapi pada hari pada awal mulanya seperti waktu seorang merekam film serta bakal menyiapkan otak serta pikiran untuk terima info baru besok harinya. Waktu tidur aktif, otak bakal meniadakan memori periode pendek atau data tak utama serta menjaga ingatan periode panjang. Inilah yang bikin sesudah tidur, pikiran merasa lebih fresh lantaran ada semakin banyak memori otak untuk dipakai lagi.

Diluar itu, sepanjang Anda tertidur, badan membuahkan sel T yang bakal melawan patogen atau bibit penyakit. Serta waktu tertidur, badan juga membuahkan hormon leptin untuk mengatur nafsu makan.

Agar badan rasakan faedah baik dari tidur, seorang mesti alami seluruhnya sistem tidur itu serta kurun waktu yang cukup. Bila kita kurang tidur, bakal susah berkonsentrasi, kehilangan memori, serta kosa kata, penurunan kesanggupan memikirkan analitis, serta kehilangan kreatifitas. Bahkan juga kurang tidur dapat tingkatkan kecemasan serta depresi. Jadi, berupayalah agar Anda cukup tidur sehari-hari serta rasakan faedahnya.
 
Copyright © 2014 Portal Kecantikan - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info