Tips Sebelum Memasang Behel Atau Kawat Gigi



 Tips Sebelum Memasang Behel Atau Kawat Gigi
Tips Sebelum Memasang Behel - Kawat gigi atau behel (dalam bahasa belanda) atau braces dalam bahasa inggris, adalah trend terbaru yang menjangkit di dalam remaja Indonesia. Awalnya kawat gigi atau seringkali di sebut behel adalah salah satu alternative untuk menangani pola gigi yg tidak rata atau menumpuk. Pola gigi yg tidak rata menyusahkan kita dalam bersihkan sisa-sisa makanan dalam sela-sela gigi yang tersembunyi, untuk melakukan perbaikan mekanisme mengunyah, pencernaan, pengucapan dalam bertutur. Pola gigi akan menyebabkan kurangnya percaya diri waktu bertemu dengan orang-orang baru di kehidupan kita.

Tetapi terakhir pemakaian behel tak berdasar pada persoalan yang berlangsung pada gigi tetapi cuma untuk mendukung tampilan (gaya-gayaan) yang harusnya tak perlu dikerjakan. Kenapa hal semacam itu di rasa tak perlu? lantaran menggunakan behel itu butuh lakukan perwatan lebih, pengorbanan saat serta biaya yang banyak. Berikut bakal di jelaskan sebagian tips atau bahan pertimbangan saat sebelum mengambil keputusan memakai behel :

Tips Saat sebelum Memasang Behel :

1. Kenali Maksud, Cocokkan dengan Dampak yang Bakal Timbul

Anda punya masalah dengan pola gigi yg tidak teratur atau cuma untuk turut tren? pertanyaan ini utama lantaran jawaban pertanyaan ini bakal menganalisa manfaat serta kemungkinan yang bakal muncul waktu anda menggunakan behel. Benar, tak aka suara yang mempersoalkan bila anda mengambil keputusan memakai kawat gigi atau behel juga sebagai tren, namun bila iya. Anda mesti tahu dampak negative yang bakal muncul Bahaya atau dampak jelek yang nampak sesudah menempatkan behel salah satunya, kawat gigi dapat mengakibatkan kerusakan posisi gigi. Tulang yang memegang gigi bakal rusak serta dapat bikin gigi goyang. Hal semacam ini adalah kerugian besar yg tidak dapat dibayar, lantaran gigi bila telah goyang tak dapat dicekat lagi. Sebagian dampak lain yang di munculkan yakni, rasa sakit saat pertama kali memakai behel. Lubang gigi serta karang gigi bakal cepat berlangsung lantaran tak menyikat menyikat gigi serta melindungi kebersihan mulut. Belum lagi dampak pada jariangan lunak, terlebih pada gusi bibir serta pipi lebih gampang muncul radang gusi serta sariawan.

2. Kenali Langkah Pemakaian atau Pemasangan

Janganlah asal pilih dokter, dari penilaian saya, di Indonesia banyak praktek pemasangan behel yang ilegal termasuk juga rekan saya sendiri lakukan itu. Ilegal di sini ditujukan praktek pemasangan behel oleh orang yang baru belajar (bukanlah dokter gigi) memasangkan behel serta berani buka praktek dengan cost yang murah. Butuh anda kenali juga menempatkan behel tak semudah yang anda pikirkan lantaran menempatkan behel yang benar membutuhkan sistem kontrol, photo susunan gigi serta cetakan gigi pasien untuk tahu posisi gigi yang memanglah benar butuh perbaikan. Butuh di perhatikan menempatkan behel mesti dikerjakan oleh ahlinya agar tak menyebabkan dampak samping. Yakinkan anda menempatkan behel pada ahlinya yakni dokter gigi spesifik yang dapat memasangkan behel yakni spesialis orthodonti.

3. Mengetaui Jenis Behel

Ada beragam type behel ada yang terbuat dari metal, clear atau transparan yang berwarna seperti warna gigi. Untuk clear, bahannya dapat terbuat dari composite, porselin, atau plastik. Perawatan orthodontik bisa dikerjakan dengan alat lepasan (removable appliance), alat cekat (fix appliance) ataupun gabungan.

4. Alat Lepasan (removable appliance)
  • Alat lepasan (removable appliance) bisa melakukan perbaikan kelainan letak gigi derajat ringan dengan hasil yang memuaskan. Untuk alat orthodontik yang lepasan terbagi dalam :
  • Plat dasar yang terbuat dari akrilik serta melekat pada langit langit rahang atas atau pada dasar mulut rahang bawah.
  • Bagian aktif yang terbuat dari kawat stainless steel yang berperan untuk menggerakkan gigi ke tempat yang di idamkan.
  • Bagian retensi untuk menahan agar alat tak lepas dari mulut.

5. Alat Cekat (fix appliance)
  • Alat cekat (fix appliance) yakni alat yang direkatkan pada setiap gigi serta terbagi dalam :
  • Bracket serta band Bracket ini bahannya bisa berbentuk logam atau bukanlah logam seperti porselen, komposit serta plastik. Beberapa bahan ini memiliki warna yang mendekati warna gigi. Band (cincin) gigi disemenkan pada gigi geraham.
  • Archwire (busur kawat)
  • Pengikat yang menjadikan satu busur kawat dengan bracket, terbuat dari kawat halus atau karet.

6. Merawat Lama Pemaiakan Behel
Terdapat banyak hal yang harus dikerjakan apabila anda memakai behel yaitu, rajin bersihkan gigi tiap-tiap makan, senantiasa siapkan tusuk gigi. Dan janganlah lupa untuk membawa sikat gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Pakai sikat gigi spesial untuk perawatan orthodonti atau sikat gigi anak-anak, yang bulu sikatnya lembut agar tak mengakibatkan kerusakan bracket. Kontrol gigi sesuai sama jadwal yang ditetapkan dokter. Irislah kecil-kecil seluruhnya makanan yang masuk serta kunyah dengan cara perlahan. Apabila menggunakan karet elastik atau head gear, gunakan sesuai sama panduan dokter gigi.
Ada pula hal yang dilarang waktu memakai behel yakni melepas atau menyetel kawat gigi lantaran dapat mengubah susunan yang telah diputuskan.

7. Siapkan Dana Lebih
Lantaran beberapa bahan untuk alat ini umumnya masih tetap dihadirkan dari luar negeri, jadi cost perawatan dengan alat ini lebih mahal. Tiap-tiap konsultasi ke dokter umumnya di gunakan cost lagi. Untuk yang mempunyai keperluan yang banyak baiknya kemauan untuk menempatkan behel di kesampingkan terlebih dulu.

Berikut sebagian pertimbangan saat sebelum anda mengambil keputusan untuk memakai behel atau tak. Bila pola gigi anda yg tidak rata bikin anda tak nyaman. Gunakanlah kawat gigi lewat dokter yang memanglah pakar di bagiannya. Apabila anda cuma ikuti tren serta sudah pikirkan matang-matang dampak yang muncul itu juga tak di larang. Walau demikian sebaiknya tunjukkan kecantikan alami pada diri anda.
 
Copyright © 2014 Portal Kecantikan - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info