4 Kebiasaan Salah Saat Duduk yang Memicu Nyeri Punggung




Duduk di kursi bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan, terutama di nyeri di punggung bawah sampai dengan kaki. Kadang pemicunya sepele yang berasal dari sikap duduk yang salah dalam waktu lama. Dikutip dari Times of India, beberapa kebiasaan salah dalam duduk ini sering tidak disadari seseorang.
Agar masalah nyeri punggung bawah tidak terjadi, hindari kebiasaan ini selama duduk dalam waktu lama:
  1. Jarang menyandar saat duduk. Posisi duduk tanpa bersandar menyebabkan tumpuan beban yang dialami punggu bagian bawah sangat besar. Inilah yang memicu rasa nyeri menyiksa di punggung.
  2. Menyilangkan kaki. Posisi ini kerap dilakukan oleh wanita, walaupun pria juga ada yang melakukannya. Menyilangkan kaki saat duduk membuat sirkulasi darah agak terhambat. Hal ini terutama akan menyakiti area pergelangan kaki.
  3. Jarang bergerak selama duduk. Posisi diam tanpa banyak gerak kala duduk sudah pasti membuat otot Anda kaku. Ketegangan otot tidak hanya terjadi punggung, tapi merembet juga hingga leher dan bahu. Biasanya posisi seperti ini dilakukan seseorang yang sedang asik bekerja di depan komputer atau laptop.
  4. Duduk membungkuk. Kadang tidak sadar orang duduknya membungkuk kala bekerja. Postur tubuh seperti ini lama-lama akan membuat otot punggung maupun leher terasa kaku dan nyeri. Usahakan duduk dalam posisi tegak dengan sandaran. Selain itu, pastikan layar komputer atau laptop sejajar dengan mata sehingga Anda tidak perlu membungkuk.
 
Copyright © 2014 Portal Kecantikan - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info