Dampak Berlebihan Mengonsumsi Suplemen Vitamin Terhadap Tubuh




Dampak Berlebihan Mengonsumsi Suplemen Vitamin Terhadap Tubuh -Apabila arti overdosis biasanya lebih di kenal berlangsung pada orang yang terlalu banyak mengonsumsi obat, maka hal yang sama dapat juga berlaku pada orang yang konsumsi suplemen vitamin secara berlebihan. Berlebihan konsumsi suplemen vitamin dapat beresiko untuk badan.

Menurut Tim Crowe, pakar gizi dari Deakin University, Suplemen yang memiliki kandungan nutrisi spesifik seperti zat besi baiknya dikonsumsi cuma saat badan alami defisiensi atau kekurangan zat besi disebabkan gizi kurang, atau pada wanita yang tengah berencana kehamilan.

Sekarang ini, banyak orang-orang yang terasa mesti melengkapi konsumsi makanan mereka keseharian dengan konsumsi suplemen vitamin supaya badan terus sehat. Suatu riset yang dikerjakan oleh Australian Bureau of Statistics tunjukkan bahwa 82% orang yang konsumsi suplemen mengerjakannya dengan argumen untuk menghindar penyakit. Akan tetapi belum ada bukti yang mensupport kebenaran ide ini.

Crowe menyampaikan bahwa keunggulan dosis vitamin serta mineral yang datang dari makanan sangatlah tidak sering serta nyaris tak mungkin saja berlangsung. Hal semacam ini tidak sama jika keunggulan dosisnya datang dari suplemen.
Sebagian dampak samping keunggulan dosis suplemen vitamin

Adapun efek samping dari akibat berlebihan mengkonsumsi suplemen adalah sebegai berikut :

  • Vitamin C : Mengakibatkan diare
  • Seng atau Zinc : Menghindar atau kurangi penyerapan zat besi, serta dapat berperan menyebabkan masalah imunitas, anemia, serta permasalahan jantung.
  • Selenium. Mengakibatkan kelelahan, masalah pencernaan, rusaknya saraf enteng, serta rambut rontok.
  • Vitamin B6 : Rusaknya saraf.
  • Vitamin A : Masalah hati, kulit, serta tulang.
Crowe juga mengingatkan bahwa keracunan zat besi yang disengaja adalah pemicu paling utama kematian pada anak-anak. Anak-anak biasanya memperoleh akses untuk konsumsi suplemen zat besi lantaran orangtua tak menyimpannya ditempat yang aman. Oleh karena itu, bila mau melindungi kesehatan badan, baiknya pastikan langkah yang alami, satu diantaranya yaitu dengan mengaplikasikan pola makan nutrisi yang seimbang.

Makanan adalah kombinasi kompleks dari mineral, vitamin, serta fitokimia yang bekerja dengan cara bersama. Suplemen condong bekerja dalam isolasi, tak tawarkan manfaat fitokimia dan komponen yang lain yang ada pada makanan. Maka dari itu janganlah anda memperbanyak mengkonsumsi suplemen secara berlebihan karena dapat memperburuk daya tahan tubuh.
 
Copyright © 2014 Portal Kecantikan - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info